VARIASI TIPE NISAN WAJO SULAWESI SELATAN

Authors

  • nfn Muhaeminah Balai Arkeologi Sulawesi Selatan
DOI     10.24832/wln.v3i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tipe nisan yang ada pada kompleks makam islam di Kabupaten Wajo. Berdasarkan hasil observasi dan klasifikasi yang dilakukan, diketahui bahwa tipe nisan pada beberapa kompleks makam di kabupaten Wajo memiliki persamaan dengan tipe nisan pada kompleks makam islam yang ditemukan umumnya di Sulawesi selatan, yaitu di dominasi oleh nisan tipe silindrik dan nisan tipe pipih, namun terdapat beberapa tipe nisan khas Wajo seperti tipe cerobong asap, meriam kuna dan tipe bundar (berbentuk seperti buah labu).

References

Ambary, Hasan Muarif. 1978. “Catatan tentang Masuk dan Berkembangnya Islam di Kalimantan Selatan”. Majalah Arkeologi, Th. II No. 1. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Ambary, Hasan Muarif. 1998. “Dinamika Budaya Nusantara Sejak Masuknya Islam”. Dinamika Budaya Asia Tenggara Pasifik dalam Perjalanan SejarahI Jakarta: IAAI.

Ambary, Hasan Muarif. 1998. Menemukan Peradaban Jejak Arkeologis dan Historis Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Fadillah, Moh. Ali. 1989. “Simbol Genilitalia pada Makam Bugis Makassar dan Persamaannya di Asia Tenggara, Suatu Kajian Tipologi Nisan Kubur”. PIA IV. Jakarta: IAAI.

Fadillah, M. (1998). ARKEOLOGI DAN SEJARAH SULAWESI SELATAN: Perspektif Ruang Sosial-Budaya. WALENNAE: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan dan Tenggara, 1(1), 5-28.

Fadillah, Moh. Ali. 1999. Warisan Budaya Bangsa di Pesisir Selatan Denpasar, Nuansa Sejarah Islam di Bali. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Muhaeminah. 1996. “Tipe Nisan Makam Kuna di Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo” Laporan Penelitian. Ujungpandang: Balai Arkeologi Ujungpandang.

Montana, Suwedi, dkk. 1994. “Potensi Tinggalan Masa Islam di Wilayah Majene dan Sekitarnya”. Laporan Penelitian. Ujungpandang: Balai Arkeologi Ujungpandang.

Poelinggomang, Edward L. “Benturan Budaya di Bandar-Bandar Pesisir Sulawesi Selatan”. Makalah Temu Ilmiah Regional Kesejarahan, Kepurbakalaan dan Kepariwisataan. Ujung Pandang: SPSP. Sulselra.

Tudjimah, 1997. Syekh Yusuf, Riwayat dan Ajarannya. Jakarta: UI Press.

How to Cite

Muhaeminah, nfn. (1). VARIASI TIPE NISAN WAJO SULAWESI SELATAN. WALENNAE: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan Dan Tenggara, 3(2), 29-40. https://doi.org/10.24832/wln.v3i2.102

Issue

Section

Articles