ALUK TODOLO DALAM TATANAN KEHIDUPAN SOSIAL DAN BUDAYA MASYARAKAT TORAJA

Authors

  • Andi Fatmawati Umar Balai Arkeologi Sulawesi Selatan
DOI     10.24832/wln.v9i2.181

Keywords:

Situs Takbuncini, penguburan, Bekal kubur, dan prasejarah

Abstract

Aluk todolo telah menjadi pedoman secara universal bagi masyarakat Toraja jauh sebelum datangnya ajaran agama Kristen dan Islam. Ajaran ini telah terdistorsi dengan berbagai macam pengaruh baik dari luar maupun pemahaman masyarakat yang telah berkurang. Penulisan ini bertujuan untuk melestarikan ajaran aluk todolo sebelum akhirnya hilang. Metode yang digunakan berbentuk pengumpulaan data dan survei mengenai ajaran tersebut yang ditelusuri dari tokoh-tokoh masyarakat atau tominaa yang masih memahami ajaran aluk todolo. Hasil yang diperoleh bahwa ajaran aluk todolo masih dapat ditelusuri sehingga usaha untuk mewariskan kepada generasi berikutnya masih dapat terlaksana. Ajaran ini juga mengandung aturan yang harus dipatuhi oleh penganutnya. Aluk todolo memenuhi segala aspek kehidupan manusia penganutnya.

References

Duli, Akin. 2001. “Peninggalan Megalitik di Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Profinsi Sulawesi Selatan (Suatu Studi Etnoarkeologi)”. Tesis Megister, U.I. tidak Terbit.

Fatmawati Umar, A. 2004. “Laporan Penelitian Etnoarkeologi di Tana Toraja”. Makassar: Balai Arkeologi (Belum Terbit).

Izarwisma Mardianas, dkk., 1986. Arsitektur Tradisional Daerah Sulawesi Selatan Proyek Inventarisasi Kebudayaan Sulawesi Selatan, Jakarta : Depdikbud.

Nol Egenter, 1992. Architectural Anthropology. Structur Mundi : Lausanne.

Sandirupa, Stanislaus. 1996. “Pranata Sosial/Kelembagaaan Tongkonan Alang Sebagai Sumber dan Tujuan Nilai”. Makalah dipersentasekan pada Hari Jadi Toraja.

Tangdilintin, L.T. 1974. “Toraja dan Kebudayaan”. Kantor Cab. II Lembaga Sejarah dan Antropologi, Ujung Pandang.

__________, 1975. Tongkonan Rumah Adat Toraja (Arsitektur dan Ragam Hias)”. Tana Toraja : Yayasan Lepongan Bulan Tuna.

Th. Kobong, et.al., 1992. “Aluk, Adat dan Kebudayaan Toraja dalam Perjumpaannya dengan Injil”. Tana Toraja : Pusbang Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja.

Sarira, Y.A. 1996. Aluk Rambu Solok dan Persepsi Orang Kristen terhadap rambu Solok. Tana Toraja : Pusbang Gereja Toraja.

How to Cite

Umar, A. F. (1). ALUK TODOLO DALAM TATANAN KEHIDUPAN SOSIAL DAN BUDAYA MASYARAKAT TORAJA. WALENNAE: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan Dan Tenggara, 9(2), 71-83. https://doi.org/10.24832/wln.v9i2.181

Issue

Section

Articles