KUBUR ISLAM KUNO DI PESISIR SULAWESI SELATAN DAN SULAWESI BARAT

Authors

  • nfn Muhaeminah Balai Arkeologi Sulawesi Selatan
DOI     10.24832/wln.v10i2.192

Abstract

Nisan termasuk tinggalan arkeologi Islam yang banyak terdapat di Sulawesi Selatan. Tinggalan arkeologi Islam tidak terlepas dari sejarah kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan sekitar abad XIV, dimana tinggalan berupa nisan yang amat bervariasi. Penelitian ini akan bertumpu pada bentuk-bentuk nisan yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Tujuan penelitian ini, untuk mengungkapkan bentuk-bentuk nisan yang tersebar di beberapa kompleks makam yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data dan pengelompokan data. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bangunan makam di beberapa  daerah tampaknya tidak mempunyai bentuk yang sama. Analisis bentuk memperlihatkan tipe nisan tertentu  di pesisir barat laut Sulawesi Selatan (Majene dan Polewali Mamasa) dan kelompok lainnya berada di pesisir selatan (Gowa dan Bantaeng). Perbedaan karakter pada bentuk nisan dipengaruhi oleh budaya dan sejarah masuknya Islam di dua wilayah tersebut.

References

Ambary, Hasan Muarif. 1991. “Makam-Makam Kesultanan dan Para Wali Penyebar Islam di Pulau Jawa”, Aspek-Aspek Arkeologi Indonesia,12, Jakarta. Puslit Arkenas.

Bakar, Usman. 1991. “Tauhid dan Sains” dalam Esei-Esei Tentang Sejarah Filsafat Sains Islam, Jakarta: Pustaka Hidayah.

Fadillah, Moh. Ali. 1989. “Simbol Genitalia pada makam Bugis Makassar dan Persamaannya di Asia Tenggara: Suatu Kajian Tipologi Nisan Kubur”, Pertemuan Ilmiah Arkeolog V (Yogyakarta), Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

Irmawati, 1996. “Ornamen Mihrab dan Lampu pada beberapa makam, sebuah tinjauan simbolik”, Pertemuan Ilmiah Arkeologi VII (Cipanas), Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Montana, dkk, Suwedi. 1994. “Laporan Penelitian Arkeologi: Potensi Tinggalan Arkeologi Islam di Kabupaten Majene”, Ujung Pandang: Balai Arkeologi Ujung Pandang (Belum Terbit).

Muhaeminah. 1994. “Laporan penelitian arkeologi: Seni khat dan Ajaran Agama Islam di dalam Inskripsi Kaligrafi Arab dan Lontara pada makam Islam Bagian Selatan Kodya Ujung Pandang”, Ujung Pandang. Balai Arkeologi Ujung Pandang. (Belum Terbit).

Muhaeminah. 1995. “Laporan Penelitian Arkeologi: Nisan Arca dan Relief Manusia pada makam makam kuna Islam di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, dan Takalar, Prop. Sulawesi Selatan”, Ujung Pandang. Balai Arkeologi Ujung Pandang (Belum Terbit).

Tjandrasasmita, Uka. 1976. “Tinjauan Tentang Arti Seni Bangunan dan Seni Pahat Dua Buah Gafura Bersayap dari Kepurbakalaan Islam di Sendang Duwur”, MSI II, Jakarta: Universitas Indonesia.

Tjandrasasmita, Uka. 1976. “Riwayat Penyelidikan Kepurbakalaan dan Peninggalan Islam”, 50 Tahun Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional, Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi dan Peninggalan Nasional.

How to Cite

Muhaeminah, nfn. KUBUR ISLAM KUNO DI PESISIR SULAWESI SELATAN DAN SULAWESI BARAT. WALENNAE: Jurnal Arkeologi Sulawesi Selatan Dan Tenggara, 10(2), 62–70. https://doi.org/10.24832/wln.v10i2.192

Issue

Section

Articles